Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini dan Kopaja

scania pengganti metro mini 3
Readers, baru – baru ini media mainstream memberitakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Pak Ahok hendak merilis armada bus urban terbaru yang diproyeksikan akan menggantikan Metromini dan Kopaja yang sudah lalu – lalang sejak jaman orde baru. Yuk kita bedah sedikit detail dari bus Scania yang akan digunakan ini :D seperti apa sih kecanggihannya?

Scania K250UB , merupakan Produk K series scania yang didaulat khusus lingkungan urban, yang mana sesuai dengan pedoman produk scania adalah bus dengan mesin belakang, U untuk Urban, short distance, normal comfort dan B untuk normal bus. Mesin yang diadopsi adalah seri DC-09 114 berkapasitas 9000 cc dengan power yang dihasilkan mencapai 250 Hp dan sudah lulus uji emisi Euro 3. Untuk top speed sendiri dilimit pada angka maksimal 80 km/jam.
Berikut adalah Spesifikasi dari Scania K250UB :
Product Class : Bus
Wheel Configuration : 4×2, Low Entry
Suspension System : Air suspension
Transport application : Apron bus, City bus
Axle distance : 6000 mm
Chassis widht : 2500 mm
Front overhang : 2500 mm
Rear overhang : 3290 mm
Engine type :
– DC09 114 250HP Euro 3
– Engine management system
– Excellent fuel economy, good serviceability, long service life, and high performance in terms of torque and output
– PDE Injection System
Fuel tank : capacity 295 litres
Fuel filter chassis mounted : With water separator
Exhaust silencer execution : Backward
Torque converter with Lock-up Clutch :
– Lock-up mode gives better fuel economy
– Two coil coolers for effective cooling and increase retarder brake performance
Gearbox :
– ZF Ecolife 6AP1200B Retarder
– 6 speed, ultra-smooth starts
– Auto idling Shift & Hill Hold function
– Ratio : 1st=3.36 2nd=1.91 3rd=1.42 4th=1.00 5th=0.72 6th=0.62
– Programmable shift programs to optimized comfort and fuel economy
Front axle :
– Axle mode ARA860
– Axle technical capacity 7100kg
– Axle ground clearance 188mm
Rear axle :
– Axle weight rear 12000 kg
– Axle gear model R660, ratio 5,57
– Axle ground clearance 192 mm
Rims and Tyres :
– Front 295/80 R22.5 XZE2
– Rear 295/80 R22.5 XZE2
– Spare 295/80 R22.5 XZE2
– Disc rim model
– 8.25 x 22.5 inch (steel) rims
Brake system :
– APS Air Processing Mnagement System
– Use the excess energy during engine braking in order to charge compressed air
– Built-in diagnostic system
Brake Control :
– Electronic, EBS/ABS
– Low weight, ease of braking, safety and low maintenance cost
– Automatic Hill Hold
Wheel Brake :
– Drum, asbestos-free lining brake
Auxliliary Brakes :
– Retarder,integrated into ZF gearbox
– Exhaust brake, automatic control
Bus Stop Brake :
– Ideal function for stop & go traffic, simplify driver and improve safety
– Automatic braking at below 1km/hr with reduced power
– brake applied or release automatically when door opens or closes
Suspension System :
– Electronic levelling control with total raising/lowering and kneeling function
– keenling function can be automatic with door opening
Suspension Air Spring :
– 2-spring independet at front suspension
– 4-spring bellows at rear suspension
– Air suspension with anti-roll bar and shock absorber
Electrics  :
– Battery 225 Ah
– Alternator 150A + 150A
Lighting :
– Headlamp H4
– DRL functionality to increase safety
Fuses :
– resettable circuit breaker
Instrument cluster :
– Big 6,5″ colour TFT display with high resolution
– Information and warnings on Bahasa Indonesia
– Digital trip computer
– Battery master switch on dashboard
Steering wheel & column :
– Steering buttons to navigate all display functionaly
– Cruise control on steering wheel
– Fully adjustable steering column
Fleet management system :
– prepared for third-party devices
Speed limiter :
– 80km/h
Fire Detectors :
– 3 point detectors fitted on engine room to alert the driver
– fire detectors are resettable
Horn :
– electrially operated air horn
Bus Scania ini sendiri sama seperti yang digunakan oleh negara tetangga seperti malaysia dan singapura, seperti contohnya Rapid KL; Bus ini sudah digunakan sejak 2011 – 2012. Berikut adalah galeri foto dari bus Scania Rapid KL
klik untuk memperbesar :
 rapid kuantan scania
rapid kuantan scania dashboardrapid kuantan scania 2
Tentu saja kita berharap agar bus ini nantinya mampu memenuhi semua kebutuhan akan transportasi di ibukota, dan tentunya dengan bus baru ini diharapkan juga SDA nya yaitu si operator bus juga memiliki awareness, iya sikap dan kesadaran dalam berlalu lintas, ngga seenak udel menaik – turunkan penumpang, dan tidak ugal – ugalan di Jalan. Bus Scania K250UB yang dijajal langsung oleh Pak Gubernur ini menggunakan bodi produksi dari Karoseri ternama asal Ungaran, Karoseri Laksana.
scania pengganti metro mini 2
Bus ini akan beroperasi di jalur reguler non busway, bersama dengan bus – bus seperti metromini, kopaja dan bus – bus kota lainnya. Jika sudah begini diharapkan nantinya warga ibukota mau mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan memilih menggunakan transportasi umum. Semoga lancar jaya kedepannya.. siapapun pemimpinnya. :D
scania pengganti metro mini 1
semoga bermanfaat. (imt)
foto : detik, tempo, kaskus
 sumber:http://imotorium.com/2016/03/12/mengenal-scania-k250ub-bus-yang-akan-menggantikan-keberadaan-metromini-dan-kopaja/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan antara Hino RK dengan Hino RN

Mod Truck Canter (UKTS)

Euro Truck Simulator V.126 FULL DLC